Selamat Datang di Blog Perumahan Kota Mega Regency Cikarang

Wednesday, May 9, 2012

Tips Agar Syarat Kredit Rumah disetujui Oleh Bank

"Kok aplikasi KPR saya ditolak BTN Pak?" pertanyaan ini sudah sangat familiar bagi kami Marketing Rumah ketika pengajuan aplikasi (Kredit Pemilikan Rumah) KPR konsumen ditolak Bank yang tentunya berhubungan dengan syarat kredit rumah


"huh! capek2 ngabisin waktu, uang dan tenaga aja siy..." hehehe... sabar Bu sabar... kami juga merasa demikian, yang seharusnya kami kerja dapat uang (dari komisi) kalau terjadi penolakan Bank ya sia-sia deh... yang salah siapa ya? Mencari kesalahan sangatlah mudah, bisa saja si marketing tidak / lupa memberitahu semua persyaratan kredit atau si konsumen pura-pura tidak tahu (disembunyikan) karena punya harapan yang tinggi untuk mendapatkan kredit rumah, padahal ada salah satu syarat kredit rumah yang tidak terpenuhi.

Salah satu syarat kredit rumah yang pertama dan utama mendapatkan KPR dari Bank adalah pemeriksaan BI (Bank Indonesia) Checking  yaitu mengacu kepada IDI Historis, yang mana  merupakan produk/output yang dihasilkan oleh Sistem Informasi Debitur (SID). IDI Historis mencakup informasi seluruh penyediaan dana/pembiayaan dengan kondisi lancar dan bermasalah mulai dari Rp.1 ke atas, serta menampilkan informasi mengenai historis pembayaran yang dilakukan dalam kurun waktu 24 bulan terakhir.


Cakupan IDI Historis meliputi antara lain identitas debitur, pemilik dan pengurus, fasilitas penyediaan dana/pembiayaan yang diterima, agunan, penjamin, dan kolektibilitas.

Sistem Informasi Debitur
Merupakan suatu sistem yang dipergunakan untuk menghimpun dan menyimpan data fasilitas penyediaan dana/pembiayaan  yang disampaikan oleh seluruh anggota Biro Informasi Kredit secara rutin setiap bulan kepada Bank Indonesia. Data tersebut kemudian diolah untuk menghasilkan output berupa IDI Historis. Lembaga keuangan anggota Biro Informasi Kredit selanjutnya dapat mengakses SID selama 24 jam setiap hari untuk melihat data-data debitur yang disajikan secara individual dengan lengkap. (sumber: Bank Indonesia).

Pemeriksaan BI (BI checking) merupakan syarat kredit rumah  mutlak yang harus dipenuhi oleh para konsumen yang ingin mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bank, mungkin bagi yang sudah terlanjur mempunyai pinjaman Bank lain sebelum KPR ada baiknya menggunakan nama anak, adik atau saudaranya yang masih clear di IDI Historis.

Untuk lebih jelasnya inilah ketentuannya:
  • Warga Negara Indonesia, usia minimal 21 tahun atau telah menikah
  • Pada saat kredit lunas usia pemohon tidak lebih dari 55 tahun
  • Memiliki penghasilan yang dapat menjamin kelangsungan pembayaran kewajiban
  • Mempunyai pekerjaan tetap (sebagai karyawan atau pekerjaan lainnya yang memperoleh gaji tetap) atau menjalankan usahanya sendiri (wiraswasta) dengan masa kerja minimal 1 (satu) tahun
  • Tidak memiliki kredit bermasalah baik di Bank maupun di Bank lain
  • NPWP sesuai ketentuan yang berlaku

 dan inilah syarat kredit rumah nya:
  1. Photo copy KTP pemohon suami / istri , KK , Surat nikah , Pas photo 3X4 2 lbr pemohon NB.Untuk yg masih single photo copy KTP dan KK ikut orang tua
  2. Slip gaji / surat keterangan penghasilan ( ASLI )
  3. Rekening Tabungan / Rekening Koran 3 Bulan Terakhir
  4. SIUP & NPWP

Persyaratan KPR di atas kelihatannya banyak dan ribet ya Bu... tapi tenang Bu.. biasanya Marketing Rumah siap membantu dan melayani Ibu yang ingin mengambil kredit rumah... eh ini juga berlaku buat Bapak Bapak ya

Semoga Informasi tips mengenai syarat kredit rumah ini bermanfaat.

27 comments:

  1. @ Ibu Sarah, nama Developernya PT. Alindatama Sakti BC.
    dan mengenai angsuran, Pihak Bank biasanya hanya menyetujui untuk jangka waktu 15 tahun mengacu pada aturan 1/3 dari selisih gaji yang diterima dikurangi pengeluaran yakni maksimal 800rb untuk gaji di bawah 3,5jt.. tks.

    ReplyDelete
  2. assalamuaikum , pak apa bena DP 0 di blok G , biaya proses 200rb dan booking 500RIbu. saya berminat dan mau ngambil di blok G , no telpon saya 08788119009

    ReplyDelete
  3. Mohon infonya, apabila yg masuk BI listnya sang istri, apa dlm pengajuan kredit dpt menggunakan data/atas nama suami?

    ReplyDelete
  4. saya kebetulan ngambil juga di blok f, sudah interview awal maret kemaren & menurut informasi dari marketing status sy tinggal nunggu akad kredit aja, tapi beberapa hari yg lalu kata marketingnya berkas sy ada kendala di btn karena tidak ada nomor tlp kantornya, apakah benar nmr tsb merupakan salah satu syarat validitas pengajuan kpr?? sampai saat ini belum ada info lagi dr pihak marketing, trmksih...

    ReplyDelete
  5. masih ada unit yang kosong tidak Pak..? sekarang harganya berapa?

    ReplyDelete
  6. Pengalaman buruk membeli rumah sama marketing yang satu ini (Aad Abdillah)
    waktu saya baru mau beli, dia rajin telpon tiap hari.
    setelah pembayaran saya lunasi, ga diurusin...
    kecewa berat....
    not recommended sales....
    pemasangan listrik berbulan2...

    ReplyDelete
  7. Luas rmh ny berapa sih,,mw ambil nih,tp ada ny di daerah mna ajah?

    ReplyDelete
  8. mas apa pihak bank biasa nya nge cek ke perusahaan tmpt kita bekerja?

    ReplyDelete
  9. Biasanya pihak developer membantu dalam mengurusi hal tersebut... Namun perlu berhati-hati atau siap-siap kecewa dengan pihak developer. Di negeri ini pihak konsumen hampir selalu sebagai pihak yang dirugikan.

    ReplyDelete
  10. Apakah yg lajang bisa ambil rumah kredit, karena yg di SK selalu yg udh nikah. Kalau bisa aku mau ambil yg di Citayam depok

    ReplyDelete
  11. Saya dari dulu ingin ambil rumah kredit tipe 21 yg di daerah Citayam depok, apakah status lajang saya bisa. Dan penghasilan saya tiap bulan bersih 3jutaan, terimakasih.tolong di balas.

    ReplyDelete
  12. Informasi menarik, dapat tambahan ilmu baru nih.. tentang kpr rumah.
    http://www.blogrumahidaman.com

    ReplyDelete
  13. Kalo masih pegawai outsourcing gmn? Bisa ngajuin gk?

    ReplyDelete
  14. APAKAH ANDA PRIA BISNIS / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman musim Natal di tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat mulai bulan baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Seks: ______________________
    Usia: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  15. saya mau dong , tapi bagaimana caranya saya blm berkeluarga dan usia 25 tahun

    ReplyDelete
  16. saya mau dong , tapi bagaimana caranya saya blm berkeluarga dan usia 25 tahun

    ReplyDelete
  17. Klw pedagan/cuma punya toko kecil bisa ga ya ngajuin kpr

    ReplyDelete
  18. saya berminat yang di blok G, yang kata y DP Rp. o .angsuran y berapa? untuk 10 tahun

    ReplyDelete
  19. Ehm berarti klo masih masa kontrak kerja gk bisa y??

    ReplyDelete
  20. APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN DARI PINJAMAN:
    Saudara-saudara saya dan adik itu adalah Allah yang benar telah mengirimkan pembantu di sini di Indonesia, saya pikir itu adalah perusahaan pinjaman palsu yang lain aku salah. Anugerah Financial Group sini di Jakarta Indonesia mereka melakukan segala sesuatu dengan BNI Aku baru saja pinjaman saya di akun saya hari ini, jangan tertipu lagi Allah telah datang kepada kami di sini di Indonesia mereka bekerja dengan BNI di sini. Hubungi mereka sekarang sehingga Anda dapat melihat apa yang saya memberitahu Anda: info.gracefinancialgroup@gmail.com atau hubungi saya jika Anda memiliki pertanyaan salfiahcholid@gmail.com jangan tertipu lagi sebagai Tuhan ada di sini untuk membantu kami di Jakarta Indonesia

    Mereka memberi saya pinjaman pada tingkat bunga 2% tanpa agunan
    Hubungi mereka sekarang: info.gracefinancialgroup@gmail.com

    ReplyDelete
  21. KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!!

    Nama saya fatma. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka iseng, karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi atau biaya garansi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah dengan perusahaan pinjaman mereka yang curang.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah dibodohi oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama ibu Theresa, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari USD100.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dan tingkat bunganya hanya 2%,

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan, dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: theresaloancompany@gmail.com dan dengan rahmat Tuhan ia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda patuh.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: feyzilfatma@gmail.com dan Sety diperkenalkan dan berbicara tentang Ny. Theresa, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ny. Theresa, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: martinimarais1986@gmail.com sekarang, yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening mereka setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak

    ReplyDelete
  22. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  23. Saya ingin benar-benar menghargai keuangan mikro LAPO karena memberi saya pinjaman €9000 untuk merawat anak saya yang sakit. jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak, hindari penipuan oleh pemberi pinjaman palsu dan ajukan melalui email perusahaan pinjaman nyata lapofunding960@gmail.com
    Whatsapp +447883183014

    ReplyDelete